Penangkap Ikan Sungai

Sungai adalah anugerah bagi kehidupan. Ada banyak yang diberikan sungai bila kebersihan dan kemurniannya terjaga.

Dari sekian banyak hasil sungai, ikan merupakan satu harta berharga yang bisa menghidupi banyak keluarga. Salim dan keluarganya adalah salah satu yang merasakan berkah hidup dari sungai. Hasil yang didapat dari tangkapan satu hari bisa menjadi lauk makan bagi seluruh keluarganya.

Bila sungai memberi ikan, tak banyak lagi yang mesti dibeli dengan uang oleh sebuah keluarga. Sayuran bisa didapat dari halaman dan samping rumah, sedangkan beras diperoleh dari sawah yang subur dengan aliran air yang jernih. Salim dan teman-temannya hanya mengambil ikan secukupnya dari sungai, sekadar untuk lauk makan sekeluarga sehari-hari.

Hidup bersama alam sebenarnya mengajar kita tentang banyak hal. Alam mengajarkan bahwa kesederhanaan tidak berarti miskin dan terbelakang. Hidup bersahabat dengan alam berarti hidup secukupnya dan tidak serakah. Kehidupan bukan hanya hari ini tetapi juga esok dan masa yang akan datang. Sungai adalah kehidupan kita sekarang juga di masa datang. Bagi kita sendiri dan bagi anak-anak kita semua.

Lihat gambar lainnya di sini.

0 comments:

Post a Comment