Keindahan sejarah danau tua, satu jam dari Bandung


Jarak dari pusat kota Bandung 43 km ke arah selatan. Danau Situ Cileunca terletak di kecamatan Pangalengan, di desa Pulosari tepatnya. Suasana dan udara di sekitar danau begitu sejuk dan asri, ketinggian lokasi danau 1100 dpl. Masyarakat sekitar danau Situ Cileunca menggunakan perahu kayu dengan motor tempel kecil sebagai sarana transportasi penghubung dan angkutan.

Tak banyak orang yang tahu kalau diatas Situ Cileunca terdapat lagi danau yang sama besar. Namanya Situ Cipanunjang, bisa juga diartikan sebagai danau penunjang atau penyokong. Pada prakteknya memang air Danau Situ Cileunca diisi dari air danau Cipanunjang dengan beda tinggi nyaris 100 meter lebih secara geografis. Sudah menjadi kebiasaan masyarakat setempat untuk bertukar kabar ketinggian air bila bertemu warga lain dari seberang danau.


Pemandangan danau Situ Cileunca dari mulut danau Cipanunjang sangat indah sekali. Kita bisa mencapai tempat tersebut dengan menyewa perahu kayu bermotor tempel milik penduduk. Di ketinggian itu kita bisa melihat jauh sekali hampir seluruh permukaan danau Situ Cileunca dan kawasan disekitarnya serta gunung Tilu yang menjulang di sebelah barat. Pemandangan yang sudah jarang sekali bisa kita alami di padatnya keramaian kota.

Mengelilingi danau Situ Cileunca, kita juga bisa mampir untuk mengunjungi kebun arben milik penduduk setempat. Di kebun tersebut kita boleh makan dan memetik sepuasnya asal tak lebih dari satu keranjang setiap orangnya. Biayanya murah sekali, setiap orang hanya perlu mengeluarkan uang Rp 5000,- . Hati – hati dengan tanaman arben, mereka memiliki duri kecil yang tidak berbahaya. Dua hingga 3 kali percobaan kita semua pasti langsung tahu cara aman memetik buah arben. Buah arben rasanya manis sedikit asam, kombinasi keduanya memunculkan kesegaran yang sukar dijelaskan kecuali anda sudah mencobanya. Tanaman ini sengaja ditanam penduduk untuk para pengunjung, selain itu ini juga tanaman endemik yang hanya tumbuh di tempat – tempat dengan ketinggian serta suhu tertentu.


Mengelilingi danau Situ Cileunca sungguh mengasyikkan, pemandangan luas yang lepas sangat mengagumkan dan memanjakan mata kita. Alam raya senyap hanya terisi suara motor tempel perahu yang memutar baling – baling kecil. Danau ini telah dibuat beratus tahun yang lalu dan masih tegar berdiri serta menghidupi banyak orang disekitarnya. Kita yang tinggal jauh dari danau dibantu dengan kontinuitas air buangannya yang menjadi listrik dan irigasi sawah – sawah.

Mengunjungi Danau Situ Cileunca bisa membantu banyak penduduk setempat yang tinggal disekitarnya. Kunjungan anda semua bisa memutar roda ekonomi penduduk danau menjadi lebih baik, dan roda ekonomi yang baik membantu masyarakat untuk tetap menjaga kelestarian lingkungan sekitarnya. Kelestarian danau dan sekitarnya artinya kelestarian bagi kita semua dalam wilayah yang sangat luas. Kami tunggu kunjungan anda di Danau Situ Cileunca, Pangalengan.

0 comments:

Post a Comment